Blog Assignment Chapter 8

Dunia internet saat ini telah diterima di banyak kalangan masyarakat. Dari internet kita dapat memperoleh informasi yang kita butuhkan mengenai suatu produk dengan lengkap, khususnya pada produk elektronik.

Past
Dulu, pembeli produk elektronik harus berkunjung secara langsung ke toko fisik apabila ingin melihat atau membeli produk tersebut. Hal itu akan menyulitkan bagi calon pembeli yang tidak memiliki cukup waktu untuk datang, terlebih lagi apabila calon pembeli berlokasi di tempat yang cukup jauh dari toko. Selain itu, kurangnya informasi membuat calon pembeli tidak memiliki banyak pilihan untuk memilih produk mana yang akan dia beli.

Current
Seiring berkembangnya teknologi, maka dengan adanya internet akan memudahkan calon pembeli untuk meminimalisir kesulitan yang mereka hadapi dalam membeli produk eletronik tersebut. Dengan adanya internet maka bermunculanlah website-website yang menawarkan pembelian produk elektronik secara online, contohnya www.glodokshop.com. Dengan adanya website seperti glodokshop, akan mempermudah calon pembeli dalam membeli produk yang mereka inginkan. Di dalam website sudah tertera informasi yang lengkap mengenai detail atau spesifikasi tentang produk elektronik yang dimaksud, di mana spesifikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pemilihan produk elektronik. Pembeli dari luar daerah juga tidak akan mengalami kesulitan apabila ingin membeli, karena telah disediakan layanan antar dengan disertai ongkos kirim sesuai lokasi masing-masing. Tidak hanya pembeli yang merasa dimudahkan, dengan adanya website seperti glodokshop ini, penjual dari produk elektronik juga akan dimudahkan dalam menjual produk mereka. Fasilitas yang glodokshop tawarkan juga tidak beda dengan toko-toko elektronik pada umumnya, glodokshop juga menawarkan pembelian secara kredit dan juga pemberian diskon dalam jumlah tertentu. Tidak hanya itu, glodokshop juga menerima pengembalian produk apabila spesifikasi produk yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan tentunya dalam periode tertentu. Produk yang ditawarkan tidak hanya berasal dari satu tempat saja, melainkan dari berbagai toko eletronik yang ada, sehingga dapat memudahkan calon pembeli dalam memilih produk mana yang akan dibeli. Para calon pembeli juga dapat mengunjungi "toko online" dari mana saja, kapan saja sehingga tidak terbatas hanya pada jam tertentu dan di lokasi tertentu saja seperti yang terjadi pada toko secara fisik.

Future
Untuk ke depannya, mungkin dapat ditambahkan fasilitas yang dapat memudahkan pengunjung dalam membeli, misalnya seperti fasilitas untuk membandingkan secara langsung antara produk yang satu dengan lainnya, baik dari spesifikasinya hingga harga masing-masing produk. Selain itu, mungkin dapat ditambahkan informasi yang terbaru mengenai stok produk itu sendiri sehingga calon pembeli mengetahui ketersediaan produk yang mereka inginkan. Yang harus selalu dijaga adalah keamanan dalam bertranskasi itu sendiri, seperti yang kita tahu bahwa bertransaksi secara online mengutamakan sebuah kepercayaan antara penjual yang pembeli.

-Van-

0 comments: