Blog Assignment Chapter 5&6

Six strategy definition choices
www.rumahoma.com
RumahOma menyediakan beragam jenis kue kering yang bebas bahan pengawet sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

E-Biz Channel Priorities
  • RumahOma menggunakan strategi Bricks and Clicks di mana informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan dapat diperoleh pada website RumahOma.com, selain itu bisa juga dilakukan pemesanan secara online dengan mengirimkan email. Namun tidak tertutup kemungkinan, pelanggan dapat memesan secara langsung di tempat pembuatan kue yang terletak di Jl. Trijata - Bali
Organizational Restructuring and Capabilities
  • RumahOma.com menggunakan in-house division dalam arti mengembangkan website sendiri, bukan kerjasama dengan pihak lain. Hal ini diperlukan mengingat tanggung jawab kepada pelanggan untuk terus mengupdate informasi seputar produk yang mereka hasilkan.
Business, Service, and Revenue Model
  • Pendapatan mereka diperoleh dari penjualan beragam jenis kue kering, mereka juga menyediakan delivery service tentunya dengan menambahkan ongkos kirim sebagai biaya tambahan sehingga pelanggan tidak perlu repot untuk datang mengambil sendiri kue yang mereka pesan. Target pasar mereka umumnya ditujukan pada masyarakat golongan sosial menengah ke atas. Satu hal yang menjadi nilai tambah dari produk mereka adalah terbebasnya kue dari bahan pengawet yang saat ini menjadi isu yang cukup santer di masyarakat akan kehigienisan makanan.
Marketplace Restructuring
  • Disintermediation (sell side): menghilangkan segala bentuk intermediary seperti distributor sehingga langsung berhubungan dengan pelanggan.
Market and Product Development Strategies
  • Market development strategies: diharapkan dengan menggunakan internet dapat memperluas pemasaran produk dari RumahOma sehingga pelanggan yang memesan tidak hanya seputar kawasan dekat mereka tapi juga dapat menjangkau seluruh Indonesia.
  • Market penetration strategies: diharapkan dengan menggunakan internet dapat memperluas market share dan juga dapat mendapatkan kesetiaan pelanggan karena pelanggan sendiri dapat memperoleh informasi yang berguna melalui website.
Positioning and Differentiation Strategies
  • Relationship excellence: diberikan fasilitas untuk meletakkan link bagi usaha-usaha lain secara gratis, dengan harapan akan terjalin suatu hubungan yang saling menguntungkan di antara mereka.
  • Product excellence: diberikan produk yang terjamin kesehatannya di mana dapat dilihat dari terbebasnya kue dari bahan pengawet. Diberikan juga informasi mengenai makanan lainnya di website ini.
  • Price excellence: dengan adanya internet, RumahOma dapat mengurangi biaya. Tidak perlu menumpuk produk terlalu banyak apabila permintaan sedang menurun apalagi produk dari RumahOma merupakan makanan yang bisa saja rusak.

-Van-

0 comments: